Jumat, 20 Januari 2012

Melestarikan Budaya Indonesia

Pidato 
______________________________________________________________________________________________

Melestarikan Budaya Indonesia

      Assalamualaikum wr., wb.,
      Salam sejahterah
      yang terhormat bapak kepala sekolah SMA 100
      yang terhormat bapak-ibu guru beserta karyawan
      dan teman-teman sekalian
      puji dan syukur kita panjatkan pada tuhan yang maha esa karena telah memberikan kita kesehatan tuk mengikuti acara “Pesta Budaya” di sekolah kita pada pagi hari ini.

      Sebagaimana yang kita tahu Indonesia mempunyai banyak sekali pulau dan bermacam-macam suku bangsa,hal tersebutlah yang menyebabkan bangsa Indonesia mempunyai berbagai jenis kebudayaan yang unik. Contohnya seperti: tarian tradisional,lagu daerah,permainan tradisional dan masih banyak lagi, Tapi sayang seiring dengan perkembangan Zaman dan pengaruh globalisasi generasi muda Indonesia semakin lupa dengan semua itu.

      Jika kita flashback beberapa waktu yang lalu, negara tetangga kita yaitu Malaisya,mengakui beberapa budaya kita sebagai budaya mereka. Itu membuktikan betapa menariknya budaya di negeri kita ini, jangan sampai kejadian serupa terjadi lagi, dan tugas kita sebagai generasi muda harus melestarikan dan mampertahankan budaya Indonesia.
     
     Oleh karena itu kami selaku prnyelenggara “Pesta Budaya” di SMA 100 mengadakan barbagai lomba untuk menanamkan budaya asli Indonesia pada generasi muda, agar budaya Indonesia semakin kuat dan tak punah. Adapun jenis lomba yang akan diadakan antara lain : lomba baju adat daerah,menyanyikan lagu daerah,permainan daerah dll.

      Rasanya sudah saatnya kita melakukan perubahan menuju bangsa yang lebih baik. Kita harus melakukan perubahan besar agar kita tak tertinggal oleh Globalisasi, dan perubahan besar dimulai dari perubahan kecil. Sebagai penerus pejuang Indonesia yg telah mendahului kita hendaknya kita meneruskan perjuangan mereka. Salah satunya dengan cara  melestarikan kebudayaan nasional

      Harapan saya agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang disegani oleh bangsa lain & berubah dari negara berkembang menjadi negara maju, tentu saja dengan tidak melupakan nilai budaya, etika dan adat istiadat yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Saya rasa cukup,dihimbau pada seluruh kelas agar mempersiapkan masig-masig perwakilan kelas karena perlombaan sebentar lagi akan dimulai.

      Demikian penghantar dari saya jika ada kesalahan dalm pemilihan kata mohon dimaafkan,dan saya berterimakasih jika ada saran yg membangun
     Wassalamualaikum wr., wb.,




Jean Hassan Akbar Bagaskara
X-2
BAHASA INDONESIA : MENYUSUN TEKS PIDATO
Tema : Kebudayaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar